Rabu, 30 Maret 2011

10 Cuaca Teraneh di Dunia

Jakarta - Di dunia terdapat cuaca aneh yang sangat tak wajar. Seperti langhit berdarah, hujan ikan, bom es hingga bulan biru. Fenomena alam yang menarik. Seperti apa?

Hujan Ikan dan Katak
Dari California , Inggris hingga India , secara periodik terjadi presipitasi (hujan) aneh. Hewan kecil seperti ikan, katak dan ular jatuh dari langit beberapa kilometer dari air. Puting beliung yang berputar di danau atau samudra dapat menghisap air dan apapun yang ada di dalamnya ke awan di atasnya.
Bola Api Besar
Selama berabad-abad, orang melaporkan keanehan listrik di rumahmereka, terutama selama badai petir. Bola cahaya seukuran bola golf hingga bola sepakbola terkadang melayang di udara selama badai dan memancarkan panas serta suara.
Bola ini biasanya akan hilang ketika mengenai benda berlistrik seperti TV namun terkadang bisa meledak dengan ganas dan menyebabkan kebakaran. Bola cahaya ini tak hanya mistis juga membuat ilmuwan bingung.
Langit Berdarah
Hujan darah terdengar seperti film horor Hollywood . Namun, pada zaman Romawi kuno, hujan ini dikabarkan pernah terjadi. Meski menakutkan, hujan ini sebenarnya bukanlah darah.
Warna merah disebabkan debu atau pasir yang tertiup ke atmosfer dan dibawa angin kuat dan akhirnya bercampur dengan awan hujan dan mewarnai hujan. Di Eropa, hujan merah ini diwarnai debu yang ada di benua itu dari badai pasir Sahara .
Tiga Matahari
Di hari yang cerah, langit juga bisa memberi kejutan, setidaknya untuk mata. Jika matahari dekat dengan horizon dan awan cirrus berada di atasnya, ‘hantu’ tiga matahari akan bersinar di langit.
Matahari hantu ini sebenarnya cahaya terang yang tercipta ketika cahaya matahari dicerminkan oleh kristal kecil yang ada di awan. Meski hal ini merupakan fenomena optik umum, fenomena ini tak selalu muncul.
Bulan Biru
‘Bulan biru’ terjadi tiap dua setengah tahun ketika bulan purnama terjadi dua kali dalam satu bulan kalender. Terdapat peristiwa langka ketika bulan tampak biru. Kebakaran hutan dan gunung api dapat menembakkan abu ke atmosfer dan tercampur tetesan air.
Tetesan air ini dapat bergerak ribuan kilometer mengelilingi Bumi dan cukup untuk membuyarkan cahaya matahari dan membuat bulan berwarna biru.
Monster Laut
Monster Loch Ness mungkin hanya ungkapan berlebihan dari kolom putaran air. Angin puyuh kecil yang terkadang disebut ‘iblis air’ ini dapat mengubah air hangat menjadi corong.
Iblis air ini dapat berputar dan mengeluarkan suara desis. Suara ini dipadukan dengan tampilan seperti berleher panjang dan membuatnya terkesan seperti monster laut menakutkan yang akan melompat menyerang Anda.
Angin Puyuh Berapi
Meski tak ganas, iblis debu ini bisa sangat mengerikan. Angin puyuh ini merupakan versi kecil tornado yang terbentuk ketika panas bertemua tanah menyebabkan udara dan angin di atasnya berputar.
Angin puyuh ini tercampur debu dari tanah. Angin puyuh ini memiliki saudara yang lebih menakutkan, yakni iblis api. Iblis api terbentuk ketika panas intens hutan kebakaran menciptakan tali api yang berputar dengan ganas di atas kebakaran itu.
Sprite, Jet dan Elf
Selama bertahun-tahun, pilot melaporkan kilatan berwarna aneh yang keluar dari ujung badai awan dan membuat banyak orang tak percaya. Namun kini, ilmuwan menemukan bukti jenis petir aneh ini memang ada. Sprite merah merupakan ledakan cahaya merah yang berada 80,5 km di atas Bumi dan biasanya muncul dalam lebih dari dua kluster.
Saudaranya, Jet biru, merupakan kerucut cahaya biru yang terjadi di bagian atmosfer yang lebih rendah dari Sprite merah. Jet biru yang terjadi bersamaan dengan Sprite merah disebut Elf. Cahaya merah berbentuk panekuk yang tercipta dari petir di bawahnya. Kilatan ini hanya terjadi seperseribu detik dan ilmuwan terus menyelidi apa pemicunya.
Api Santo Elmo
Selama badai petir, banyak orang melaporkan bola ‘api’ berdansa di atas kapal. Bola api kecil bernama api Santo Elmo ini merupakan listrik statis yang timbul selama badai petir. Meski tak berbahaya, bola api kecil ini bisa terjadi sebelum ada sambaran petir. Bola api ini bisa menjadi pengingat agar Anda menjauh.
Bom Es
Kebanyakan orang yang pernah mengalami badai petir pernah mengalami hujan es sebesar bola kasti. Namun, pada beberapa hujan es, bisa jauh lebih besar (tercatat 40 kilogram) jatuh dari langit.
Lebih misteriusnya, bongkahan es ini terkadang jatuh ke Bumi tanpa adanya awan di langit. Sementara beberapa hujan es terbukti terjadi karena ada es yang jatuh dari sayap pesawat, beberapa hujan es masih tak bisa dijelaskan apa penyebabnya.

27 komentar:

dee mengatakan...

ngeri ya, meski itu fenomena alam.
Allahuakbar...

narti mengatakan...

kayanya belum pernah lihat satupun :)

affie9 mengatakan...

kalo kejadian2 di atas aku belum pernah ngalamin bang, tapi waktu di kampung dulu rumah ku pernah di samabar petir, 2 kali malah.. huih trauma kalo ingat...

blackdevil mengatakan...

@dee,.
ia dee,.
menyeramkan.
smg jha jgn sampe da di indonesia.
amin yha rabb

@mbak narti,.
sm mbak,.
tp ane prn liat d tv.
d trans 7 or trans tv klu ane ngk slh.
keajaiban alam, ssh d tebak mbak.

@affie,.
rumha fi d sambar petir,.
kok bs(?)
ngk d taruh "anti petir" yha d rmh(?)

affie9 mengatakan...

@bg devil: di pasang kok bang, ga tau de, daerah tempat ku itu emang rawan petir, kyaknya orang sepulau dah pada pernah ngerasa tu.. hehe...

blackdevil mengatakan...

@affie,.
ngeri na,.
uda prn ngerasa d samber petir gt mksd na fi(?)
seram bgt thu,.

i-one mengatakan...

subhanallah,gue ampe ngurut dada.untung gak pernah ngalamin yang ginian..mudah2an kagak,hehe

Adittya Regas mengatakan...

alhamulilah ditempat saya gak pernah ada cuaca ekstrim, paling parah cuman angin kencanga aja yg bisa rebahin pohon ama baliho hhe

blackdevil mengatakan...

@mas i-one,.
ia mas, smg jha ngk prn rasain peristiwa yg d ats.
ngeri bgt liat na,.
thanks yha mas, uda berkunjung k sni
:)

@adit,.
alhamdulillah klu gt dit,.
smg di indonesia d jauhi dr pristiwa" d ats..
amin yha rabb
:)

Gaphe mengatakan...

setidaknya semua itu bisa dijelaskan secara ilmiah.. kalo jaman dulu kejadian begini pasti dihubungin sama mistis, sihir, atau apalah. kalo sekarang, karena udah kenal ilmu pengetahuan makanya cuaca begini hanya fenomena alam biasa.

tapi dari semua itu, belom pernah ngerasaain satu pun sih.

affie9 mengatakan...

haha.. bukan orangnya yg di samber bang, tapi persekitarannya, rumah pohon, trus alat2 elektronik juga banyak yg rusak...

zhanaz45 mengatakan...

Pernah denger tuch angin puyuh berapi di ON THE SPOT, tapi anginnya kerennz lho xixixii..

Henry Zackery mengatakan...

tiga matahari terbaek bro :) nice sharing :)

Dua Wanita Paling Popular Di Facebook

joe mengatakan...

sekarang ini memang cenderung aneh-aneh ya, apa meman kiamat sudah dekat?

wiy mengatakan...

kunjungan malam hari... untuk absen he he he

blackdevil mengatakan...

@mas gaphe,.
smg jha jgn sampe ngerasain na mas,.
ehehehehehehe

@affie9,.
abg pkr org na yg d samber ma thu petir,.
eheheheheheehe

@zhanaz,.
ia gan, ane jg prn dgr d sna,.
ON THE SPOT bgs program na,.
promosi.com
ehehehehehehehe

@henry,.
bnr bro,.
tp mnrt saya smua na terbaek,.
ehehehehehehehehe

@joe,.
ia gan,.
tanda" na sdh bermunculan.
bnyk" berbuat amal jha gan,.

@wiy,.
thanks yha da berkunjung k sni.
:)

yanuar catur rastafara mengatakan...

jadi keinget on the spot nih, tapi ketambahan tiga disini..
hehehe

zhanaz45 mengatakan...

Aku itu kalo udah oplain dari kompi langsung nonton ON THE SPOT hehee..

iyach sobb ON THE SPOT memank top.com.. xixixii

Henry Zackery mengatakan...

tak update lagi ke bro ??

Apabila Kartun Wujud Di Dunia

blackdevil mengatakan...

@yanuar,.
ia gan, ON THE SPOT.
maknyos lha..
ehehehehehe
thanks yha gan uda berkunjung k sni.

@zhanaz,.
ON THE SPOT maknyos gan,.
PROMOSI.com
ehehehehehe

@henry,.
belom update bro,.
lagi sibuk kuliah nhe,.
nhe jha gee belajar di kampus.
ehehehehehehe

zhanaz45 mengatakan...

Wahh...

lagi sibuk yach sobb, tapi tetep walking ahh..

blackdevil mengatakan...

@zhanaz45,.
nhe gee kuliah rekayasa trafik gan,.
dosen na gee ngajar,.
ane malah maen blog,.
ehehehehehehe
thanks yha gan uda berkunjung k sni.
:)

Ipah mengatakan...

hyaaaaaa global warming aja udh sebegini mengerikannya , gimane kalo indonesia ketibanan cuaca2 aneh ky gitu????

G-A-K-B-I-S-A-B-A-Y-A-N-G-I-N-D-E-H~

terimakasih bwt infonyaaa :)

basir Annas mengatakan...

weh..weh..weh
ternyata ada juga hujan ikan :D

Henry Zackery mengatakan...

kalau da update inform dlm entry terbaru saya :)

zhanaz45 mengatakan...

Yoppzth..

sama2 sobb, mumpung ada kesempatan maen aja blog sampe puas tapi awas ntar ketahuan dosennya xixixi..

blackdevil mengatakan...

@ipah,.
ia mbak,.
smg jha indonesia ngk knk musibah kyk d ats.
amin yha rabb,
:)

@basir annas,.
ia gan, ane jg br th.
tp ane prn dgr d TV gan, klu ngk slh d ON THE SPOT gt.
:)

@henry,.
I was again busy with college bro.
I want to test next tuesday.
pray yha bro, I hope I pass the exam.
:)

@zhanaz,.
jd jarang ol nhe skrg.
gr" hotspot kost mati.,,
(loem bayar speddy)
ehehehehehehehe

Posting Komentar