Jumat, 12 Agustus 2011

Mukjizat Sholat Dan Doa part 3

Sholat Dalam Kesunyian

Malam hujan turun rintik-rintik. Angin bertiup dingin menusuk tulang. Dipojok ruang yang sempit nampak ada yang sedang menunaikan sholat. Dalam sholatnya terlihat khusyuknya. Air matanya mengalir membasahi baju. Terdengar isak tangis yang membuat hati terasa pilu. Sholat itu menjadi terasa begitu indah. Selesai salam dia memanjatkan doa. Tak lama hanya ada kesunyian dan tarikan napas. Disambil orang yang sholat, ada seorang sahabat yang duduk disampingnya.

'Apa kamu pernah marah sama Allah?' tanya sahabatnya.

Terdengar suara istighfar tak putus-putus. Air matanya masih terus saja mengalir. Beberapa tangannya mengusap pipinya yang basah.

'Pernah..tapi itu dulu, sekarang tidak.'

'Kenapa?'

'Karena Dia tidak adil, hanya penderitaan yang selalu Dia berikan. Bertahun-tahun aku menjauh, melupakanNya, aku kecewa padaNya.'

Kesunyian kembali senyap.

'Lantas untuk apa kamu sholat malam ini?'

Ditatap wajah temannya yang sedang terdiam. Seumur hidup dirinya sholat tidak pernah sampai bisa meneteskan air mata bahkan menangis terisak-isak. Dirinya teringat bagaimana Rasulullah senantiasa menangis setiap sholat malam. Malam ini dia melihat sahabatnya menunaikan sholat dengan menangis terisak-isak, begitu menyayat hatinya.

'Ibuku meninggal malam ini, aku tidak tahu cara berdoa. aku hanya bisa sholat untuk mendoakan ibuku.'

read more “Mukjizat Sholat Dan Doa part 3”

Terobsesi Jadi tentara

narsiz.com part 1

narsiz.com part 2



ku sangat salut dengan nama nya TENTARA.
(⊙_◎) why (???)
karena tentara itu rela menggorbankan nyawa nya  di peperangan.
baju ini adalah milik palek ku.
(╯▽╰) ku pinjam bentar untuk foto" !!!
read more “Terobsesi Jadi tentara”

Mukjizat Sholat Dan Doa part 2

Agar Doa Kita Dikabulkan

Bagaimana agar doa kita dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala? Syarat utama adalah ikhlas, ikhlas adalah nyawanya dari ibadah dan tidak ada ibadah tanpa disertai dengan keikhlasan semata karena Allah. Sebagaimana Firman Allah, 'Dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepadaNya.' (QS. al-A'raf : 29).

Syarat kedua agar doa kita dikabulkan adalah dengan amal sholeh atau perbuatan baik untuk orang lain, dengan amal sholeh inilah mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sebagaimana kisah tiga pemuda sholeh yang terjebak di dalam goa selamat dengan memanjatkan doa yang disertai dengan amal sholeh atau perbuatan baik. Doa yang dipanjatkan adalah.

'Maka ampunilah bagi kami dosa-dosa kami Ya Tuhan dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami serta wafatkan kami bersama orang-orang yang berbakti.' (QS ali-Imran : 193).

Syarat yang ketiga, Meminta tolonglah kepada orang yang sholeh atau orang yang bertaqwa kepada Allah, anak yatim atau fakir miskin agar mendoakan kebaikan untuk kita. Sebagaimana satu hadist diriwayatkan Suatu ketika Rasulullah sedang berkhutbah diatas mimbar seorang badui berkata kepada Rasulullah, 'Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar hujan diturunkan kepada kami.' Maka beliau berdoa kepada Allah, beberapa saat kemudian turunlah hujan dengan seizin Allah. (HR. Bukhari & Muslim).

Apapun yang terjadi setelah kita berdoa, itulah bentuk dikabulkannya doa kita oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, jangan pernah berhenti berdoa sebab dalam doa yang tulus ada kenikmatan tiada tara dengan adanya kita menjadi akrab dengan Allah dan kita tahu bersyukur atas apapun pilihan Allah dalam terkabulnya sebuah doa.

read more “Mukjizat Sholat Dan Doa part 2”

Mukjizat Sholat Dan Doa part 1

Sholat Sebagai Penyejuk Jiwa

Ketika kita dihadapkan dengan badai dan ombak samudra kehidupan yang terasa berat, tidak ada cara yang bisa dilakukan kecuali tawakal kepada Allah. Demikian juga ketika kita harus mengarungi berbagai permasalahan hidup hanya kepada Allahlah kita berserah diri.

Itulah yang dialami seorang Ibu, malam itu beliau bersama suami dan putrinya sedang berdoa bersama dengan anak-anak Amalia untuk almarhum putra tercintanya, meninggal dunia diusia muda. Di Rumah Amalia terdengar lantunan ayat suci, dalam keheningan kami khusyuk memanjatkan doa, memohon kepada Allah agar putra tercinta diterima disisiNya. Setelah selesai, Malam itu kami melanjutkan perbincangan.

Menurut beliau cobaan yang teramat berat dalam hidupnya adalah disaat dirinya dan keluarganya kehilangan putra pertamanya setahun silam. 'Waktu saya ditinggal putra saya, alhamdulillah saya bisa melalui dengan sholat, sholat adalah penyejuk jiwa saya. Semuanya saya kembalikan kepada Allah.' Beliau mengaku mulai rajin sholat sekitar setahun yang lalu. Waktu itu beliau merasakan guncangan itu begitu luar biasa sehingga membuatnya rajin untuk melakukan sholat dan pada saat itu pula beliau memutuskan untuk menutupi aurat sebaik mungkin dengan memakai jilbab.

Kebiasaan sholat sebagai penyejuk jiwa dijalaninya, tidak hanya dirinya, tetapi juga suami dan anak-anaknya. 'Kami sekeluarga suka sholat berjamaah dan dilanjutkan dengan mengaji bersama.' tutur beliau. AIr matanya berlinang, sesekali mengusap wajahnya yang basah. Dalam pengakuan beliau hidupnya sering menghadapi masalah. 'Dalam hidup, siapapun orangnya tidak akan pernah dari masalah, ujian, kesulitan dan penderitaan. Semua itu hal yang biasa namun yang membedakan bagaimana cara menyelesaikan masalah itu sendiri dan saya memilih menyelesaikan dengan sholat, berserah diri pada Allah.' Tutur beliau. Malampun terasa hening, kami meresapi makna setiap tutur dalam keberserahan seorang hamba kepada Sang Khaliq. Subhanallah, Maha Suci Allah.

--
Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk(QS. al-Baqarah: 45).

read more “Mukjizat Sholat Dan Doa part 1”

SURAT dari anak yang di aborsi

Assalamu'alaikum wr.wb
Teruntuk Bundaku tersayang...

Dear Bunda...
Bagaimana kabar bunda hari ini? Smoga bunda baik-baik saja...nanda juga di sini baik-baik saja bunda... Allah sayang banget deh sama nanda. Allah juga yang menyuruh nanda menulis surat ini untuk bunda, sebagai bukti cinta nanda sama bunda....

Bunda, ingin sekali nanda menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda diami walaupun hanya sesaat...

Bunda, sebenarnya nanda ingin lebih lama nebeng di rahim bunda, ruang yang kata Allah paling kokoh dan paling aman di dunia ini, tapi rupanya bunda tidak menginginkan kehadiran nanda, jadi sebagai anak yang baik, nanda pun rela menukarkan kehidupan nanda demi kebahagiaan bunda. Walaupun dulu, waktu bunda meluruhkan nanda, sakit banget bunda....badan nanda rasanya seperti tercabik-cabik... dan keluar sebagai gumpalan darah yang menjijikan apalagi hati nanda, nyeri, merasa seperti aib yang tidak dihargai dan tidak diinginkan.

Tapi nanda tidak kecewa kok bunda... karena dengan begitu, bunda telah mengantarkan nanda untuk bertemu dan dijaga oleh Allah bahkan nanda dirawat dengan penuh kasih sayang di dalam syurga Nya.

Bunda, nanda mau cerita, dulu nanda pernah menangis dan bertanya kepada Allah, mengapa bunda meluruhkan nanda saat nanda masih berupa wujud yang belum sempurna dan membiarkan nanda sendirian di sini? Apa bunda tidak sayang sama nanda? Bunda tidak ingin mencium nanda? Atau jangan-jangan karena nanti nanda rewel dan suka mengompol sembarangan? Lalu Allah bilang, bunda kamu malu sayang... kenapa bunda malu? karena dia takut kamu dilahirkan sebagai anak haram... anak haram itu apa ya Allah? Anak haram itu anak yang dilahirkan tanpa ayah... Nanda bingung dan bertanya lagi sama Allah, ya Allah, bukannya setiap anak itu pasti punya ayah dan ibu? Kecuali nabi Adam dan Isa? Allah yang Maha Tahu menjawab bahwa bunda dan ayah memproses nanda bukan dalam ikatan pernikahan yang syah dan Allah Ridhoi. Nanda semakin bingung dan akhirnya nanda putuskan untuk diam.

Bunda, nanda malu terus-terusan nanya sama Allah, walaupun Dia selalu menjawab semua pertanyaan nanda tapi nanda mau nanyanya sama bunda aja, pernikahan itu apa sih? Kenapa bunda tidak menikah saja dengan ayah? Kenapa bunda membuat nanda jadi anak haram dan mengapa bunda mengusir nanda dari rahim bunda dan tidak memberi kesempatan nanda hidup di dunia dan berbakti kepada bunda? Hehe,,,maaf ya bunda, nanda bawel banget... nanti saja, nanda tanyakan bunda kalau kita ketemu

Oh ya Bunda, suatu hari malaikat pernah mengajak jalan-jalan nanda ke tempat yang katanya bernama neraka. Tempat itu sangat menyeramkan dan sangat jauh berbeda dengan tempat tinggal nanda di syurga. Di situ banyak orang yang dibakar pake api lho bunda...minumnya juga pake nanah dan makannya buah-buahan aneh, banyak durinya...yang paling parah, ada perempuan yang ditusuk dan dibakar kaya sate gitu, serem banget deh bunda.

Lagi ngeri-ngerinya, tiba-tiba malaikat bilang sama nanda, Nak, kalau bunda dan ayahmu tidak bertaubat kelak di situlah tempatnya...di situlah orang yang berzina akan tinggal dan disiksa selamanya. Seketika itu nanda menangis dan berteriak-teriak memohon agar bunda dan ayah jangan dimasukkan ke situ.... nanda sayang bunda... nanda kangen dan ingin bertemu bunda... nanda ingin merasakan lembutnya belaian tangan bunda dan nanda ingin kita tinggal bersama di syurga... nanda takut, bunda dan ayah kesakitan seperti orang-orang itu...

Lalu, dengan lembut malaikat berkata... nak,kata Allah kalau kamu sayang, mau bertemu dan ingin ayah bundamu tinggal di syurga bersamamu, tulislah surat untuk mereka... sampaikan berita baik bahwa kamu tinggal di syurga dan ingin mereka ikut, ajaklah mereka bertaubat dan sampaikan juga kabar buruk, bahwa jika mereka tidak bertaubat mereka akan disiksa di neraka seperti orang-orang itu.

Saat mendengar itu, segera saja nanda menulis surat ini untuk bunda, menurut nanda Allah itu baik banget bunda.... Allah akan memaafkan semua kesalahan makhluk Nya asal mereka mau bertaubat nasuha... bunda taubat ya? Ajak ayah juga, nanti biar kita bisa kumpul bareng di sini... nanti nanda jemput bunda dan ayah di padang Mahsyar deh... nanda janji mau bawain minuman dan payung buat ayah dan bunda, soalnya kata Allah di sana panas banget bunda... antriannya juga panjang, semua orang sejak jaman nabi Adam kumpul disitu... tapi bunda jangan khawatir, Allah janji, walaupun rame kalo bunda dan ayah benar-benar bertaubat dan jadi orang yang baik, pasti nanda bisa ketemu kalian.

Bunda, kasih kesempatan buat nanda ya.... biar nanda bisa merasakan nikmatnya bertemu dan berbakti kepada orang tua, nanda juga mohon banget sama bunda...jangan sampai adik-adik nanda mengalami nasib yang sama dengan nanda, biarlah nanda saja yang merasakan sakitnya ketersia-siaan itu. Tolong ya bunda, kasih adik-adik kesempatan untuk hidup di dunia menemani dan merawat bunda saat bunda tua kelak.

Sudah dulu ya bunda... nanda mau main-main dulu di syurga.... nanda tunggu kedatangan ayah dan bunda di sini... nanda sayang banget sama bunda....muach

by :: temanku
read more “SURAT dari anak yang di aborsi”

Minggu, 07 Agustus 2011

malem yang melelahkan

di postingan kale nhe, saya mau bercerita tentang pengalaman saya dan keluarga malem tadi.
pengalaman yang penuh dengan ketabahan dan sabar. (⊙_◎)
(¬_¬) np gt (????)
rncn na malem tadi, ku dan keluarga mau menjemput palek ku yang baru pulang dari bandung.
palek ku ke sana karena belajar atau lebih tepat nya kursus.
uda tua kok kursus (?????) (¬_¬)
ia, palek ku adalah seorang tentara. palek dan tentara-tentara yang lain mengikuti kursus yang diadakan di bandung. ku lupa tepat nya dimana lokasi nya. (-'_'-)
thu cerita sedikit tentang palek ku.
balik ke cerita awal, ku dan keluarga memutuskan menjemput palek ke bandara polonia medan,

walaupun cuaca nya sangat-sangat jelek.
hujan nya sangat-sangat besar + halilintar yang menyambar-nyambar... (╯_╰)
ku duduk di depan menemani ayah ku yang sedang menyetir mobil sedangkan ibu dan adek ku duduk di tengah. dengan hujan yang segitu lebat dan deras nya, mengakibatkan jalan-jalan yang kami lalui itu banjir dengan dahsyat nya. mobil sana sini berlalu lalang dengan kecepatan yang rendah, di karenakan banjir. ayah ku pun membawa mobil nya dengan hati-hati sambil melihat ke depan. kurang lebih 30 menit ku dan keluarga menghabiskan waktu di jalan. sesampai nya di bandara, ku dan keluarga masih di uji kesabaran nya dengan penuh dan padat nya mobil di sana sini. akhir nya ayah ku pun memutarkan mobil nya dan mencari tempat yang kosong. (╯▽╰) alhamdulillah, dapat juga tempat yang kosong. kami pun langsung turun dari mobil dan menuju ke dalam bandara.
sesampai nya di bandara, ku dan keluarga masih di uji. kami tidak dapat tempat duduk !!! (⊙▂⊙)

akhir nya ku dan keluarga pun berdiri sambil menunggu palek. alhamdulillah, tidak lama kemudian ada tempat duduk yang kosong. ibu ku pun duduk di sana, kemudian ayah dan akhir nya adek ku yang bisa duduk di sana. ku memilih berdiri, karena tidak ada tempat lagi yang kosong. sekitar 20 menit, ayah ku memutuskan untuk menunggu palek ku di dalam mobil saja. (╯▽╰) ku pun akhir nya duduk !!!!

         
pada saat ku dan keluarga menunggu palek di dalam bandara, ada kejadian-kejadian lucu yang terjadi di depan mata kami. di antara nya, yang pertama kami melihat orang menggunakan payung dengan cara yang lucu. (⊙_◎) np gt (???) gimana tidak lucu, payung nya itu terbuka terbalik. (~�▽�)~ (~�▽�)~ (~�▽�)~
yang kedua, ada turis atau orang bulek yang hampir jatuh pas di depan kami. untung dia bisa mengimbangkan tubuh nya dan akhir nya dia tidak jatuh di lantai.

sekitar jam 22.55 WIB, palek ku tiba di bandara polonia.
awal nya ku melihat orang-orang berdatangan dari 'pintu masuk kedatangan', ku perhatikan satu persatu orang yang tiba. ngk berapa lama kemudian, ku melihat palek ku dengan menggunakan seragam lengkap tentara. ku pun memberitahukan kepada ibu dan adek ku. kami pun menunggu palek di tempat khusus 'penjemput', kami berdiri sambil memperhatikan palek dari jauh sedangkan palek tidak melihat kami. akhir nya palek menelepon ibu ku dan memberitahukan kedatangan nya. adek ku mengirim sms kepada ayah ku, untuk segera ke sini.

ngk berapa lama kemudian, ayah datang. begitu lama nya palek mengambil dan memilih-milih barang bawaan nya. (✖╭╮✖)
setelah semua barang-barang palek terkumpul, palek pun keluar dengan petugas yang sedang membawakan barang-barang palek. kami pun saling salam-salaman di sana, setelah salam-salaman dan obrolan ringan selesai, kami pun langsung menuju mobil. sesampai nya di mobil, barang-barang palek tadi di masukan petugas ke dalam mobil. selesai memasukan barang palek, ku pun memberikan uang dan petugas tadi pergi kembali ke bandara. kami semua pun masuk ke dalam mobil dan ayah ku pun langsung menghidupkan mobil nya untuk segera pulang ke rumah.

di perjalanan pulang ke rumah, jalan macet dengan kendaraan mobil dan motor yang berlalu lalang. pantesan jha rame, kan malem minggu nhe !!!! (∪ ◡ ∪)
di dalam mobil, kami semua mengobrol. ku mengobrol dengan palek, menanyakan tentang kegiatan-kegiatan apa saja selama di bandung. kurang lebih 15 menit perjalanan menuju ke rumah, sesampai nya di rumah. kami masih di kasih cobaan. rumah ku banjir di luar maupun di dalam rumah. ku turun dari mobil dan membuka pintu gerbang dan ayah ku memasukan mobil nya ke dalam. sesampai nya di dalam, ibu, ayah, adek dan palek pun turun dari mobil. ku kaget bukan main melihat rumah ku yang sedang banjir. pas kakak ku membuka kan pintu rumah, ku makin kaget melihat di dalam rumah sudah becek dengan air yang bergelinangan di lantai. ku lihat ada 3 atau 4 ember yang telah terisi dengan air, air itu pasti dari banjir di dalam rumah. ayah ku pun menyuruh ku untuk menutup garasi mobil dan ku langsung mengerjakan nya. setelah selesai menutup garasi mobil, ayah mematikan lampu yang ada di luar. setelah lampu di matikan, ayah duduk sambil menunggu air sedikit surut. biasa nya kalau air surut, ayah akan menyorong air ke dalam sebuah lubang yang saluran nya thu ke parit.

ayah, aku dan adek ku duduk di luar sambil menunggu air surut. sambil menunggu air surut, ku pun mengambil inisiatif untuk memoto-moto lingkungan rumah ku yang terkenak banjir. ntah kenapa, hasil kamera ku kurang bagus bahkan keliatan gelap. apa mungkin karena foto nya outdoor atau karena sesuatu !!! ٩(͡๏̯͡๏)۶
ku coba moto-moto di teras rumah, hasil nya thu lebih baek daripada hasil foto yang ku ambil di jalan di depan rumah. akhir nya ku minta tolong ma adek ku untuk memoto ku di teras.

           

                                                                 
     
                                           

                                                                            
setelah air surut, ayah dan aku pun mulai menyorong air sambil membersihkan hitam-hitam akibat air tersebut. lama kelamaan air nya pun mulai surut yang ada di teras rumah, setelah air mulai surut dan teras nya mulai bersih. ayah dan ku pun masuk ke dalam rumah dan mulai menguras air yang ada di dalam rumah.

palek ku pun membantu membersihkan dan menguras air di teras dan dalam rumah. ayah, palek dan ku pun menguras air yang ada di dalam rumah. kurang lebih sekitar jam 2 pagi lewat selesai nguras air nya, selesai nguras air ku pun makan soup buah yang di beli sama ayah ku tadi sore. (~�▽�)~ (~�▽�)~ (~�▽�)~

karena di dalam rumah sudah di kuras, ku pun membantu ibu ku mempersiapkan buat nanti sahur. selesai membantu ibu mempersiapkan sahur, ku pun naek ke atas kamar adek ku untuk menonton tv sambil menunggu sahur tiba. karena ibu dan ayah minta di bangunin pukul 4.30 pagi,untuk sahur. soal nya imsak na thu sekitar jam 5 kurang. sekitar jam 4 lewat, ku pun ngebangunin semua orang yang ada di dalam rumah. setelah semua nya bangun, kami pun makan bersama.
read more “malem yang melelahkan”

Rabu, 03 Agustus 2011

Love Your Parents

I LOVE U MOM, I LOVE U DAD .... !!!!

Waktu kamu berumur 1 tahun, dia menyuapi dan memandikanmu .... sebagai balasannya ....
kau menangis sepanjang malam
Waktu kamu berumur 2 tahun, dia mengajarimu bagaimana cara berjalan, sebagai balasannya ....
kamu kabur waktu dia memanggilmu
Waktu kamu berumur 3 tahun, dia memasak semua makananmu dengan kasih sayang .... sebagai balasannya ....
kamu buang piring berisi makananmu ke lantai
Waktu kamu berumur 4 tahun, dia memberimu pensil warna .... sebagai balasannya ....
kamu corat coret tembok rumah dan meja makan
Waktu kamu berumur 5 tahun, dia membelikanmu baju-baju mahal dan indah .... sebagai balasannya .... kamu memakainya bermain di kubangan lumpur
Waktu berumur 6 tahun, dia mengantarmu pergi ke sekolah .... sebagai balasannya ....
kamu berteriak "NGGAK MAU ....!"
Waktu berumur 7 tahun, dia membelikanmu bola .... sebagai balasannya….
kamu melemparkan bola ke jendela tetangga
Waktu berumur 8 tahun, dia memberimu es krim .... sebagai balasannya ....
kamu tumpahkan dan mengotori seluruh bajumu
Waktu kamu berumur 9 tahun, dia membayar mahal untuk kursus-kursusmu, sebagai balasannya ....
kamu sering bolos dan sama sekali nggak mau belajar
Waktu kamu berumur 10 tahun, dia mengantarmu kemana saja, dari kolam renang sampai pesta ulang tahun .... sebagai balasannya .... kamu melompat keluar mobil tanpa memberi salam
Waktu kamu berumur 11 tahun, dia mengantar kamu dan temen-temen kamu kebioskop .... sebagai balasannya .... kamu minta dia duduk di barisan lain
Waktu kamu berumur 12 tahun, dia melarangmu melihat acara tv khusus untuk orang dewasa .... sebagai balasannya .... kamu tunggu sampai dia keluar rumah
Waktu kamu berumur 13 tahun, dia menyarankanmu untuk memotong rambut karena sudah waktunya, sebagai balasannya .... kamu bilang dia tidak tahu mode
Waktu kamu berumur 14 tahun, dia membayar biaya untuk kemahmu selama liburan .... sebagai balasannya .... kamu nggak pernah menelponnya
Waktu kamu berumur 15 tahun, pulang kerja dia ingin memelukmu ....sebagai balasannya ....
kamu kunci pintu kamarmu
Waktu kamu berumur 16 tahun, dia mengajari kamu mengemudi mobil .... sebagai balasannya ....
kamu pakai mobilnya setiap ada kesempatan tanpa mempedulikan kepentingannya
Waktu kamu berumur 17 tahun, dia sedang menunggu telpon yang penting .... sebagai balasannya .... kamu pakai telpon nonstop semalaman
waktu kamu berumur 18 tahun, dia menangis terharu ketika kamu lulus SMA .... sebagai balasannya .... kamu berpesta dengan teman-temanmu sampai pagi
Waktu kamu berumur 19 tahun, dia membayar semua kuliahmu dan mengantarmu ke kampus pada hari pertama .... sebagai balasannya .... kamu minta diturunkan jauh dari pintu gerbang biar nggak malu sama temen-temen
Waktu kamu berumur 20 tahun, dia bertanya "Darimana saja seharian ini?".... sebagai balasannya .... kamu menjawab "Ah, cerewet amat sih, pengen tahu urusan orang"
Waktu kamu berumur 21 tahun, dia menyarankanmu satu pekerjaan bagus untuk karier masa depanmu .... sebagai balasannya .... kamu bilang "Aku nggak mau seperti kamu"
Waktu kamu berumur 22 tahun, dia memelukmu dan haru waktu kamu lulus perguruan tinggi .... sebagai balasanmu .... kamu nanya kapan kamu bisa main ke luar negeri
Waktu kamu berumur 23 tahun, dia membelikanmu 1 set furniture untuk rumah barumu .... sebagai balasannya .... kamu ceritain ke temanmu betapa jeleknya furniture itu
Waktu kamu berumur 24 tahun, dia bertemu dengan tunanganmu dan bertanya tentang rencana di masa depan .... sebagai balasannya .... kamu mengeluh "Aduh gimana sih kok bertanya seperti itu"
Waktu kamu berumur 25 tahun, dia membantumu membiayai pernikahanmu .... sebagai balasannya ....
kamu pindah ke kota lain yang jaraknya lebih dari 500 km
Waktu kamu berumur 30 tahun, dia memberimu nasehat bagaimana merawatbayimu .... sebagai balasannya .... kamu katakan "Sekarang jamannya sudah beda"
Waktu kamu berumur 40 tahun, dia menelponmu untuk memberitahu pesta salah satu saudara dekatmu .... sebagai balasannya kamu jawab "Aku sibuk sekali, nggak ada waktu"
Waktu kamu berumur 50 tahun, dia sakit-sakitan sehingga memerlukan perawatanmu .... sebagai balasannya .... kamu baca tentang pengaruh negatif orang tua yang numpang tinggal di rumah anaknya

dan hingga SUATU HARI, dia meninggal dengan tenang .... dan tiba-tiba kamu teringat semua yang belum pernah kamu lakukan .... dan itu menghantam HATIMU bagaikan pukulan godam

MAKA ....
JIKA ORANG TUAMU MASIH ADA ....
BERIKANLAH KASIH SAYANG DAN PERHATIAN LEBIH DARI YANG PERNAH KAMU BERIKAN SELAMA INI
JIKA ORANG TUAMU SUDAH TIADA ....
INGATLAH KASIH SAYANG DAN CINTANYA YANG TELAH DIBERIKANNYA DENGAN TULUS TANPA SYARAT KEPADAMU


Spoiler for Cerita tambahan tentang IBU:
Ini adalah mengenai Nilai kasih Ibu dari Seorang anak yang mendapatkan ibunya sedang sibuk menyediakan makan malam di dapur.
Kemudian dia menghulurkan sekeping kertas yang bertulis sesuatu, si ibu segera membersihkan tangan dan lalu menerima kertas yang dihulurkan oleh si anak dan membacanya.

OngKos upah membantu ibu :
1) Membantu Pergi Ke Warung Rp20.000
2) Menjaga adik Rp20.000
3) Membuang sampah Rp5.000
4) Membereskan Tempat Tidur Rp10.000
5) menyiram bunga Rp15.000
6) Menyapu Halaman Rp15.000
Jumlah : Rp85.000

Selesai membaca, si ibu tersenyum memandang si anak yang raut mukanya berbinar-binar.
Si ibu mengambil pena dan menulis sesuatu dibelakang kertas yang sama.

1) OngKos mengandungmu selama 9bulan - GRATIS
2) OngKos berjaga malam karena menjagamu - GRATIS
3) OngKos air mata yang menetes karenamu - GRATIS
4) OngKos Khawatir kerana selalu memikirkan keadaanmu - GRATIS
5) OngKos menyediakan makan minum, pakaian dan keperluanmu - GRATIS
6) OngKos mencuci pakaian, gelas, piring dan keperluanmu - GRATIS
Jumlah Keseluruhan Nilai Kasihku - GRATIS

Air mata si anak berlinang setelah membaca. Si anak menatap wajah ibu, memeluknya dan berkata, "Saya Sayang Ibu". Kemudian si anak mengambil pena dan menulis sesuatu didepan surat yang ditulisnya : "Telah Dibayar" ....


BILA IBU BOLEH MEMILIH

Spoiler for Bila Ibu Boleh Memilih:

Anakku,
Bila ibu boleh memilih
Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu
Maka ibu akan memilih mengandungmu...
Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah

Sembilan bulan nak,,,, engkau hidup di perut ibu
Engkau ikut kemanapun ibu pergi
Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata...

Anakku,...
Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu
Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun

Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia
Saat itulah... saat paling membahagiakan
Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,
Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan,
Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu

Anakku,...
Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah, atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,maka ibu memilih menyusuimu,
Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga Merasakan kehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu,
Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan

Anakku,
Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat
Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle
Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu

Tetapi anakku...
Hidup memang pilihan ....
Jika dengan pilihan ibu , engkau merasa sepi dan merana
Maka maafkanlah nak ...
Maafkan ibu....
Maafkan ibu ...
Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita , agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
Percayalah nak ....
Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu
Percayalah nak ...
Engkau adalah selalu menjadu belahan nyawa ibu,,,,



" Nak, bangun... udah adzan subuh. Sarapanmu udah ibu siapin di
meja... "

Tradisi ini sudah berlangsung 20 tahun, sejak pertama kali aku bisa
mengingat.

Kini usiaku sudah kepala 3 dan aku jadi seorang karyawan disebuah
Perusahaan Tambang, tapi kebiasaan Ibu tak pernah berubah.

" Ibu sayang... ga usah repot-repot Bu, aku dan adik-adikku udah
dewasa " pintaku pada Ibu pada suatu pagi. Wajah tua itu langsung berubah.

Pun ketika Ibu mengajakku makan siang di sebuah restoran.

Buru-buru kukeluarkan uang dan kubayar semuanya. Ingin kubalas jasa
Ibu selama ini dengan hasil keringatku. Raut sedih itu tak bisa disembunyikan.

Kenapa Ibu mudah sekali sedih ? Aku hanya bisa mereka-reka, mungkin
sekarang fasenya aku mengalami kesulitan memahami Ibu karena dari sebuah artikel yang
kubaca...

orang yang lanjut usia bisa sangat sensitive dan cenderung untuk bersikap
kanak-kanak .....

tapi entahlah.... Niatku ingin membahagiakan malah membuat Ibu
sedih.

Seperti biasa, Ibu tidak akan pernah mengatakan apa-apa

Suatu hari kuberanikan diri untuk bertanya,

" Bu, maafin aku kalau telah menyakiti perasaan Ibu. Apa yang bikin
Ibu sedih ? "

Kutatap sudut-sudut mata Ibu, ada genangan air mata di sana .
Terbata-bata Ibu berkata,

" Tiba-tiba Ibu merasa kalian tidak lagi membutuhkan Ibu.
Kalian sudah dewasa, sudah bisa menghidupi diri sendiri.
Ibu tidak boleh lagi menyiapkan sarapan untuk kalian, Ibu tidak bisa
lagi jajanin kalian.
Semua sudah bisa kalian lakukan sendiri "

Ah, Ya Allah, ternyata buat seorang Ibu .. bersusah payah melayani
putra-putrinya adalah sebuah kebahagiaan.

Satu hal yang tak pernah kusadari sebelumnya. Niat membahagiakan
bisa jadi malah membuat orang tua menjadi sedih karena kita tidak berusaha untuk
saling membuka diri melihat arti kebahagiaan dari sudut pandang masing-masing.

Diam-diam aku bermuhasabah. .. Apa yang telah kupersembahkan untuk
Ibu dalam usiaku sekarang ? Adakah Ibu bahagia dan bangga pada putera
putrinya ?

Ketika itu kutanya pada Ibu, Ibu menjawab,
" Banyak sekali nak kebahagiaan yang telah kalian berikan pada Ibu.

Kalian tumbuh sehat dan lucu ketika bayi adalah kebahagiaan .

Kalian berprestasi di sekolah adalah kebanggaan buat Ibu.

Kalian berprestasi di pekerjaan adalah kebanggaan buat Ibu .

Setelah dewasa, kalian berprilaku sebagaimana seharusnya seorang
hamba,

itu kebahagiaan buat Ibu. Setiap kali binar mata kalian
mengisyaratkan kebahagiaan

di situlah kebahagiaan orang tua."

Lagi-lagi aku hanya bisa berucap,

" Ampunkan aku ya Allah kalau selama ini sedikit sekali ketulusan
yang kuberikan kepada Ibu. Masih banyak alasan ketika Ibu menginginkan
sesuatu. "


Betapa sabarnya Ibuku melalui liku-liku kehidupan. Sebagai seorang
wanita karier seharusnya banyak alasan yang bisa dilontarkan Ibuku untuk "cuti"
dari pekerjaan rumah atau menyerahkan tugas itu kepada pembantu.
Tapi tidak!

Ibuku seorang yang idealis. Menata keluarga, merawat dan mendidik
anak-anak adalah hak prerogatif seorang ibu yang takkan bisa dilimpahkan kepada
siapapun.

Pukul 3 dinihari Ibu bangun dan membangunkan kami untuk tahajud.

Menunggu subuh Ibu ke dapur menyiapkan sarapan sementara aku dan
adik-adik sering tertidur lagi...

Ah, maafin kami Ibu ... 18 jam sehari sebagai "pekerja" seakan tak
pernah membuat Ibu lelah..

Sanggupkah aku ya Allah ?

" Nak... bangun nak, udah azan subuh .. sarapannya udah Ibu siapin
dimeja..

" Kali ini aku lompat segera.. kubuka pintu kamar dan kurangkul Ibu
sehangat mungkin, kuciumi pipinya yang mulai keriput, kutatap matanya lekat-lekat dan
kuucapkan,

" Terimakasih Ibu, aku beruntung sekali memiliki Ibu yang baik hati,
ijinkan aku membahagiakan Ibu...".

Kulihat binar itu memancarkan kebahagiaan. .. Cintaku ini milikmu,
Ibu...

Aku masih sangat membutuhkanmu. .. Maafkan aku yang belum bisa
menjabarkan arti kebahagiaan buat dirimu..

Sahabat.. tidak selamanya kata sayang harus diungkapkan dengan
kalimat "aku sayang padamu... ", namun begitu, Rasulullah menyuruh kita untuk menyampaikan rasa cinta
yang kita punya kepada orang yang kita cintai karena Allah.

Ayo kita mulai dari orang terdekat yang sangat mencintai kita ...

Ibu dan ayah walau mereka tak pernah meminta dan mungkin telah tiada.

Percayalah.. . kata-kata itu akan membuat mereka sangat berarti dan
bahagia.


Wallaahua'lam


"Ya Allah, cintai Ibu dan ayahku, beri aku kesempatan untuk bisa membahagiakan
mereka..., dan jika saatnya nanti mereka Kau panggil, panggillah dalam keadaan
khusnul khatimah.

Ampunilah segala dosa-dosanya dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi aku selagi aku kecil "

"Titip Ibu dan ayahku ya Allah"


Ketika aku sudah tua, aku bukanlah lagi aku yang semula.

Mengertilah, bersabarlah sedikit terhadapku.

Ketika pakaianku terciprat sup, ketika aku lupa bagaimana mengikat
sepatu,

ingatlah, bagaimana dahulu aku mengajarimu.

Ketika aku berulang kali berkata tentang sesuatu yang telah bosan kau
dengar, bersabarlah mendengarkan, jangan memutus pembicaraanku.

Ketika kau kecil, aku selalu harus mengulang cerita yang telah
beribu-ribu kali kuceritakan agar kau tidur.

Ketika aku memerlukanmu untuk memandikanku, jangan marah padaku.

Ingatkah sewaktu kecil aku harus memakai segala cara untuk membujukmu
mandi

Ketika aku tak paham sedikitpun tentang tehnologi dan hal-hal baru,
jangan mengejekku.

Pikirkan bagaimana dahulu aku begitu sabar menjawab setiap "mengapa"
darimu.

Ketika aku tak dapat berjalan, ulurkan tanganmu yang masih kuat untuk
memapahku.

Seperti aku memapahmu saat kau belajar berjalan waktu masih kecil.

Ketika aku seketika melupakan pembicaraan kita, berilah aku waktu untuk
mengingat.

Sebenarnya bagiku, apa yang dibicarakan tidaklah penting, asalkan kau
disamping mendengarkan, aku sudah sangat puas.

Ketika kau memandang aku yang mulai menua, janganlah berduka.

Mengertilah aku, dukung aku, seperti aku menghadapimu ketika kamu mulai
belajar menjalani kehidupan.

Waktu itu aku memberi petunjuk bagaimana menjalani kehidupan ini,
sekarang temani aku menjalankan sisa hidupku.

Beri aku cintamu dan kesabaran, aku akan memberikan senyum penuh rasa
syukur, dalam senyum ini terdapat cintaku yang tak terhingga untukmu.


Suatu hari seorang sahabat saya
pergi ke rumah orang jompo atau lebih terkenal dengan sebutan panti werdha
bersama dengan teman-temannya. Kebiasaan ini mereka lakukan untuk lebih banyak
mengenal bahwa akan lebih membahagiakan kalau kita bisa berbagi pada orang-orang
yang kesepian dalam hidupnya.

Ketika teman saya sedang berbicara dengan
beberapa ibu-ibu tua, tiba-tiba mata teman saya tertumpu pada seorang opa tua
yang duduk menyendiri sambil menatap kedepan dengan tatapan kosong.

Lalu
sang teman mencoba mendekati opa itu dan mencoba mengajaknya berbicara. Perlahan
tapi pasti sang opa akhirnya mau mengobrol dengannya sampai akhirnya si opa
menceritakan kisah hidupnya.

Si opa memulai cerita tentang hidupnya
sambil menghela napas panjang. Sejak masa muda saya menghabiskan waktu saya
untuk terus mencari usaha yang baik untuk keluarga saya, khususnya untuk
anak-anak yang sangat saya cintai. Sampai akhirnya saya mencapai puncaknya
dimana kami bisa tinggal dirumah yang sangat besar dengan segala fasilitas yang
sangat bagus.

Demikian pula dengan anak-anak saya, mereka semua berhasil
sekolah sampai keluar negeri dengan biaya yang tidak pernah saya batasi.
Akhirnya mereka semua berhasil dalam sekolah juga dalam usahanya dan juga dalam
berkeluarga.

Tibalah dimana kami sebagai orangtua merasa sudah saatnya
pensiun dan menuai hasil panen kami. Tiba-tiba istri tercinta saya yang selalu
setia menemani saya dari sejak saya memulai kehidupan ini meninggal dunia karena
sakit yang sangat mendadak. Lalu sejak kematian istri saya tinggallah saya hanya
dengan para pembantu kami karena anak-anak kami semua tidak ada yang mau
menemani saya karena mereka sudah mempunyai rumah yang juga besar. Hidup saya
rasanya hilang, tiada lagi orang yang mau menemani saya setiap saat saya
memerlukannya.

Tidak sebulan sekali anak-anak mau menjenguk saya ataupun
memberi kabar melalui telepon. Lalu tiba-tiba anak sulung saya datang dan
mengatakan kalau dia akan menjual rumah karena selain tidak effisien juga toh
saya dapat ikut tinggal dengannya. Dengan hati yang berbunga saya menyetujuinya
karena toh saya juga tidak memerlukan rumah besar lagi tapi tanpa ada
orang-orang yang saya kasihi didalamnya. Setelah itu saya ikut dengan anak saya
yang sulung.

Tapi apa yang saya dapatkan ? Setiap hari mereka sibuk
sendiri-sendiri dan kalaupun mereka ada di rumah tak pernah sekalipun mereka mau
menyapa saya. Semua keperluan saya pembantu yang memberi. Untunglah saya selalu
hidup teratur dari muda maka meskipun sudah tua saya tidak pernah sakit-sakitan.

Lalu saya tinggal dirumah anak saya yang lain. Saya berharap kalau saya
akan mendapatkan sukacita idalamnya, tapi rupanya tidak. Yang lebih menyakitkan
semua alat-alat untuk saya pakai mereka ganti, mereka menyediakan semua
peralatan dari kayu dengan alasan untuk keselamatan saya tapi sebetulnya mereka
sayang dan takut kalau saya memecahkan alat-alat mereka yang mahal-mahal itu.
Setiap hari saya makan dan minum dari alat-alat kayu atau
plastik yang sama
dengan yang mereka sediakan untuk para pembantu dan anjing mereka. Setiap hari
saya makan dan minum sambil mengucurkan airmata dan bertanya dimanakah hati
nurani mereka?

Akhirnya saya tinggal dengan anak saya yang terkecil,
anak yang dulu sangat saya kasihi melebihi yang lain karena dia dulu adalah
seorang anak yang sangat memberikan kesukacitaan pada kami semua. Tapi apa yang
saya dapatkan?

Setelah beberapa lama saya tinggal disana akhirnya anak
saya dan istrinya mendatangi saya lalu mengatakan bahwa mereka akan mengirim
saya untuk tinggal di panti jompo dengan alasan supaya saya punya teman untuk
berkumpul dan juga mereka berjanji akan selalu mengunjungi saya.

Sekarang sudah 2 tahun saya disini tapi tidak sekalipun dari mereka yang
datang untuk mengunjungi saya apalagi membawakan makanan kesukaan saya.
Hilanglah semua harapan saya tentang anak-anak yang saya besarkan dengan segala
kasih sayang dan kucuran keringat. Saya bertanya-tanya mengana kehidupan hari
tua saya demikian menyedihkan padahal saya bukanlah orangtua yang menyusahkan,
semua harta saya mereka ambil. Saya hanya minta sedikit perhatian dari mereka
tapi mereka sibuk dengan diri sendiri.

Kadang saya menyesali diri
mengapa saya bisa mendapatkan anak-anak yang demikian buruk. Masih untung disini
saya punya teman-teman dan juga kunjungan dari sahabat-sahabat yang mengasihi
saya tapi tetap saya merindukan anak-anak saya.

Sejak itu sahabat saya
selalu menyempatkan diri untuk datang kesana dan berbicara dengan sang opa.

Lambat laun tapi pasti kesepian di mata sang opa berganti dengan
keceriaan apalagi kalau sekali-sekali teman saya membawa serta anak-anaknya
untuk berkunjung.

Sampai hatikah kita membiarkan para orangtua kesepian
dan menyesali hidupnya hanya karena semua kesibukan hidup kita.

Bukankah
suatu haripun kita akan sama dengan mereka, tua dan kesepian ?
Ingatlah bahwa tanpa Ayah dan Ibu, kita tidak akan ada di dunia dan
menjadi seperti ini.

Jika kamu masih mempunyai orang tua,
bersyukurlah sebab banyak anak yatim-piatu yang merindukan kasih sayang orang
tua.

DI KUTIP BY :: RENUNGAN
read more “Love Your Parents”

Kamis, 28 Juli 2011

sehari, 2 reuni di datangi !!! (part 1)

sudah lama tidak nulis pengalaman pribadi gee di blog nhe,.
akhir nya saya putus kan untuk menulis kembali.
dari judul nya sudah tahu, kalau saya akan menceritakan tentang pengalaman saya yang harus menghadiri 2 reuni dalam sehari.

yaps, saya harus pinter-pinter bagi waktu untuk teman-teman saya yang di sini.
saya janji akan ngumpul-ngumpul atau reunian sama teman-teman smk saya pada siang hari nya dan malem hari nya saya sudah janji akan datang atau ikut ngumpul-ngumpul bersama teman-teman sd sekalian merayakan ulang tahun teman sd saya.

bertepatan jam 10, saya bergegas mandi untuk pergi ke medan fair (tempat ngumpul-ngumpul sama teman-teman smk). seperti kebiasaan saya, saya thu paling lama untuk soal mandi !!! eheheheheh
akhir nya saya berangkat dari rumah hampir jam 12 lewat !!! :D

sesampai nya di medan fair, saya pun langsung mengirim sms ke teman saya.
ternyata mereka sudah menunggu di atas, tempat musholah yang ada di mall nhe karena pas saya datang ke sni ternyata sudah masuk sholat dzuhur.
saya langsung naek ke lantai paling atas mall nhe.
sesampai nya di sana, saya menemukan teman-teman saya yang sedang duduk sambil mengobrol dan sebagian teman-teman yang laen sholat di musholah.

saya langsung ambil wudhu, untuk melaksanakan sholat dzuhur.
selesai sholat, saya pun langsung menghampiri teman-teman saya yang sudah menunggu saya dari tadi.
setelah bersalaman-salaman dan berbincang sejenak, kami pun memutuskan untuk mencari tempat makan karena ternyata kami semua dalam keadaan kelaparan. eheheheheh

kami pun turun dan mengelilingi mall tersebut untuk menemukan tempat makan yang enak.
akhir nya kami putuskan untuk makan di salah satu tempat makanan (restoran) yang ada di mall tersebut.
kami masuk dan pramusaji restoran tersebut langsung menujukan tempat buat kami.
kami pun duduk, pramusaji restoran tersebut langsung menyerahkan menu-menu makanan kepada kami.
kami pun langsung memilah milih makanan yang akan kami makan nanti,.
akhir nya ku putuskan untuk memilih nasi goreng yang di bungkus telur di campur dengan udang goreng + frestea.
teman-teman ku memesan dengan menu-menu yang berbeda, ada yang pesan nasi campur ayam teriyaki dan laen-laen.

setelah menyatat makanan pesanan kami, pramusaji tersebut pergi.
ku bersama teman-teman pun mengobrol dengan GANAS nya. eheheheheheh
tanpa malu dengan pengunjung restoran yang laen, kami tertawa dengan suara yang keras.
maklum, soal nya kami sudah hampir setahun ngk jumpa dan berkumpul.
ku yang kuliah di purwokerto dan teman ku yang kuliah yang di bandung, tidak bisa sering pulang ke medan. alhasil, setahun sekali kami pulang dan mengadakan ngumpul-ngumpul seperti nhe.

akhir nya makanan kami pun datang satu persatu.
setelah makanan kami semua nya sudah lengkap, kami langsung menyantap makanan dengan lahap nya. ku yang berjiwa photoghafer pun mengeluarkan kamera ku untuk memoto-moto makanan ku.
ternyata teman ku ada juga berjiwa narsis seperti ku, akhir nya ku pun memoto nya. eheheheh






setelah selesai makan, kami pun memutuskan untuk keluar dari restoran nhe tapi sebelum nya tidak lupa membayar makanan yang kami makan tersebut !!! eheheheheh

teman ku punya usul, untuk menonton bioskop bersama-sama.
kami semua setuju, tapi karena di mall nhe tidak ada 21 atau bioskop, kami pun harus berjalan kaki pindah ke mall laen yang tidak jauh dari mall nhe.

sesampai nya di mall tersebut, kami langsung menuju bioskop yang terletak di lantai atas.
setelah sampai ke tempat bioskop nya, kami pun memilah milih apa yang enak di tonton.
akhir nya kami putuskan untuk menonton "KEPERGOK POCONG" yang cerita nya thu bertema "HOROR COMEDY" yang di bintangi azis gagap !!!!

teman ku pun membeli tiket dan teman ku yang laen membeli makanan dan minuman, sedangkan aku meliatin mereka bekerja !!! eheheheheheh

setelah tiket dan makanan sudah di beli, kami pun masuk ke dalam bioskop dan untuk memuaskan kenarsisan ku, ku pun menyuruh teman ku untuk memoto ku dan teman-teman yang laen yang sedang jalan masuk menuju pintu bioskop.


sesampai nya di depan pintu bioskop, ku pun melihat ke dalam dan ternyata sudah rame yang di dalam. kami belum bisa masuk ke dalam, soal nya teman ku ada yang pengen ke kamar mandi.
setelah teman ku selesai dari kamar mandi, kami semua pun masuk ke dalam dan mencari tempat duduk menurut nomor yang ada di tiket.

kami pun duduk menurut nomor yang ada di tiket & tidak berapa lama akhir nya film nya pun mulai di putar. film ini bertajuk horor comedy dan membuat orang ketawa yang menonton nya. seperti biasa, masih ada juga menggunakan kesempatan ini untuk pacaran. emang suasana seperti ini cocok banget digunakan sepasang kekasih untuk bercumbu, tapi mereka itu tidak malu karena pasti akan keliatan juga dengan orang di sebelah atau di belakang mereka.

kurang lebih sekitar 1 jam setengah film "KEPERGOK POCONG" itu main atau diputar di hadapan kami. menurut ku sendiri, film itu kurang menarik karena pemain nya kebanyakan masih pemula atau aktor atau aktris pendatang baru.

setelah film nya habis, kami smua pun keluar dari tempat bioskop tersebut. dari tadi teman ku cari sebuah bunga yang di pesan ibu nya. ku ingat, kalau sebelah mall ini ada sebuah toko bunga. ku pun menyuruh dia untuk meliat-meliat toko bunga tersebut. dia ditemanin teman yang lain, dan sisa nya menunggu di depan. akhir nya mereka keluar juga dari toko bunga tersebut hanya dalam waktu sekitar 7 menit. ternyata bunga yang dia cari tidak ada di toko tersebut. kami pun langsung melanjutkan perjalanan kami menuju medan fair (mall tempat kami berkumpul).

sesampai nya di medan fair, teman-teman ku yang berjenis wanita pun permisi kepada kami yang pria untuk pergi shoping dan kami yang pria nya pun pergi ke atas untuk melaksanakan sholat ashar. sesampai nya di musholah, kami bergegas untuk mengambil wudhu dan langsung sholat ashar. setelah selesai sholat, kami pun mencari tempat duduk untuk bersantai sejenak dan menunggu teman-teman kami yang lagi asyik shoping. sesampai nya di tempat duduk yang kami maksud, kami pun langsung duduk dan merebahkan badan kami di atas sofa yang sedikit sudah mulai koyak di sana-sini. di sana kami asyik mengobrol & sambil memperhatikan orang-orang yang sedang duduk di sofa ini juga. tidak berapa kemudian teman ku yang shoping tadi menggirim sms kepada teman ku yang ada di sini, mereka menanyakan kami lagi dimana. ternyata mereka sudah siap shoping & mereka juga bertemu dengan teman ku yang rencana nya mau datang juga ke sini tapi telat karena lagi mengurus TA nya.

akhir nya kami pun turun, menuju ke tempat teman-teman yang lain berada. sesampai nya di sana, ku melihat teman ku yang sudah setahun belum ketemu dengan ku. akhir nya ku pun bersalaman dengan nya dan yang lain pun juga. kami pun mengobrol di sana sambil ketawa ketiwi karena kelucuan yang ku buat. eheheheeheheh

ku pun tidak menyia-nyiakan peristiwa berkumpul nya teman-teman lama ku ini. ku ambil kamera dan ku pun mulai memoto-moto mereka semua nya sambil bergantian yang ambil foto nya. setelah puas mengobrol dan berfoto-foto ria, kami pun memutuskan untuk pergi bermain "TIMEZONE" (tempat hiburan).




sesampai nya di "TIMEZONE", kami pun langsung masuk dan melihat ke kana-kiri isi TIMEZONE tersebut. ternyata ada sedikit perubahan yang terjadi di sana, mungkin ada permainan yang baru di sana. ku pun meminta teman-teman yang lain untuk patungan uang untuk membeli voucher atau mengisi sejumlah uang di kartu TIMEZONE ku. setelah uang nya sudah terkumpul, teman ku pun langsung mengisi kartu TIMEZONE ku. tidak berapa lama kemudian mereka datang dengan membawa kartu TIMEZONE ku yang sudah terisi dengan sejumlah uang. kami pun langsung mencari permainan yang ingin di mainin secara bergantian.

selama kami di TIMEZONE, kami menjadi pusat perhatian orang-orang di sana. karena selama kami memainkan satu permainan, suara kami ribut nya bukan main !!! eheheheheheh
mulai itu bermain boling, basket dan lain nya. selama permainan itu juga, kami tidak lupa mengambil foto dan video untuk kenang-kenangan.





setelah selesai bermain di TIMEZONE, teman ku yang baru datang tadi mengajak untuk makan. dia mengajak untuk makan di tempat "kalasan" yang ada di dalam mall ini. akhir nya kami semua pun menuju ke sana dan sesampai nya di sana kami masuk dan mencari tempat duduk yang nyaman. karena ku masih kenyang, ku tidak makan di sana & hanya memesan minum. teman-teman ku yang mau makan pun langsung pergi mengambil makanan yang mau di makan nya. di sini kalau kita mau pesan sesuatu itu harus ambil sendiri dan langsung di bayar di sana nya juga. tidak seperti di tempat tadi siang kami makan, makanan kami di anterin dan biling nya di antar setelah kami semua nya siap makan.
teman-teman ku pun datang sambil membawa makanan yang mereka pesan. tenyata tempat duduk yang kami duduki itu kurang nyaman untuk makan. karena meja nya yang terlalu rendah membuat susah untuk makan. akhir nya kami semua nya pindah ke tempat duduk yang meja nya tinggi. teman-teman ku pun makan dengan lahap nya sambil berbincang-bincang.






ku ingat, kalau malem ini ada janji dengan teman-teman sd ku dulu. ku pun meminjam hp teman ku, karena hp ku mati. ku pindah kan kartu ku ke hp teman ku, untuk meliat sms yang masuk. ternyata benar perkiraan ku, teman-teman sd ku mengirim kan sms yang isi nya thu menanyakan keberadaan ku. tidak berapa lama kemudian, teman sd ku telepon dengan nada suara marah-marah kepada ku. ku hanya menjawab pertanyaan yang mereka tanyakan kepada ku.

setelah teman-teman ku siap makan, kami pun bersiap-siap untuk pulang. karena ku ke sini nya thu naek angkot (angkutan kota), ku pun pulang nya naek angkot juga. sebenar nya ku tidak langsung pulang ke rumah, karena ku masih ada janji ma teman-teman sd ku untuk datang ke tempat rumah makan yang ada di jalan letda sujono. ku pun langsung mencari angkot yang menuju ke sana.

TO BE CONTINUE.... !!!!
read more “sehari, 2 reuni di datangi !!! (part 1)”

Rabu, 13 Juli 2011

ULANG TAHUN KAKAK KU TERSAYANG

7 juli adalah ulang tahun kakak ku yang ke 24.
sebagai adek yang baek, ku harus memberikan sesuatu buat kakak ku.
akhir nya ku putuskan untuk membeli kue bolu.
ku pun langsung meminta tolong teman ku, untuk menemani ku membeli kue.
sesampai nya di toko kue, ku pun memilih-milih kue yangh cocok buat kakak ku.
karena bingung memilih kue nya, ku pun meminta mbak" yang lagi jaga toko thu untuk memilihkan nya.

pilihan mbak" thu adalah kue yang berbentuk hati berwarna pink.
setelah melihat-lihat kue tersebut, akhir nya ku beli juga kue pilihan mbak" itu.
selesai membayar kue tersebut, ku ma teman ku kembali menuju rumah ku.

pada malem hari nya ::
ku berencana untuk memotong kue nya thu rame" dengan seluruh keluarga.
tapi rencana ku gagal, karena ayah harus wirit, ibu yang sedang beristirahat karena kecapekan dan abang ku yang belum pulang kerja.
akhir nya cuman aku, kakak ku dan suami kakak ku yang melakukan proses potong kue.
ku mengajak adek ku untuk ikut serta, tapi dia ngak mau karena dia lagi asyik online.

kue bolu untuk kakak tersayang

berdoa sebelum tiup lilin

kakak ku beserta suami melakukan tiup lilin

cuap-cuapan suami istri (V-V")

cuap-cuapan suami istri (V-V")

cuapan dari kakak ku

adek ku yang di suapin kakak

kakak tersayang
saya berdoa, semoga ::
- keluarga kakak ku menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan waromah.
- kakak ku makin sukses
- sehat wal'afiat
- dll
read more “ULANG TAHUN KAKAK KU TERSAYANG”

Kamis, 07 Juli 2011

OBJEK WISATA KEBUMEN

KEBUMEN

objek wisata yang alami, kekayaan budaya hingga pemandangan alam yang indah adalah keindahan tersembunyi kabupaten kebumen. dari pantai dengan pasir putih nya, keramahtamahan penduduk nya, pemandangan stalagtit dan stalagmite yang unik hingga wisata yang menggandung resiko tapi mengasikkan.

kabupaten kebumen adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah propinsi jawa tengah. daerah atau wilayah kabupaten kebumen berada tepat di pesisir selatan samudera indonesia. wilayah kabupaten kebumen di kelilingi sebelah barat kabupaten cilacap, sebelah utara kabupaten banyumas dan sebelah timur kabupaten purworejo.

daerah ini sangat cocok bagi anda yang ingin berekreasi bersama keluarga, berdua bersama pasangan maupun bersama kawan-kawan anda di kantor. daerah yang di kelilingi pegunungan kapur dan berudara sejuk serta pemandangan yang rata-rata masih asli akan banyak menimbulkan decak kagum bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

jangan khawatir akan kehabisan objek wisata tujuan, karena kabupaten yang mempunyai slogan "kebumen beriman" yaitu (bersih , indah, aman dan nyaman) mempunyai banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi. objek wisata tersebut tersebar di beberapa wilayah kecamatan.



PANTAI MENGANTI


jika anda pernah ke pantai kuta yang terkenal indah dengan gadis pantai dan beach boys-nya, pasti ini akan mengingatkan kamu dan akan kagum melihat pantai indonesia yang satu ini, karena selain pantai mengantai memiliki karang terjal dengan bukit yang keperak-perakan, pantai mengantai memiliki pasir putih menawan yang terhampar sepanjang pinggir pantai, ombak yang terlalu keras menjadi salah satu tujuan wisata untuk bersantai bersama keluarga. kebumen pantai mengantai terletak di kebumen yang merupakan salah satu tujuan pariwisata di jawa tengah. kebumen terletak 140 km sebelah barat kota yogyakarta.

pantai mengantai terletak di desa karangduwur kecamatan ayah kabupaten kebumen. sekitar 30 km selatan gombong atau 7 km dari pantai ayah atau 27 km dari pantai pertanahan atau 12 km dari pantai suwuk.

pantai di selatan kabupaten kebumen ini menyajikan panorama unik yang akan memanjakan wisatawan. letaknya di balik perbukitan menjadi daya tarik tersendiri. karena kita akan disuguhi dua panorama seklaigus yaitu keindahan pantai dan perbukitan. pasirnya yang putih menjadi daya tarik tambahan.

masih diwilayah desa karangduwur ini, selain menyuguhkan keindahan pantai mengantai, masih ada objek wisata lain seperti : tanjung nagasari - tanjung karangbata - lembah sigatel - keteb bidadari - gua alam - air terjun alam dan adanya perkampungan nelayan yang dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan menjadikannya lengkap dibandingkan tempat wisata pantai lainnya.


TANJUNG KARANGBATA
tanjung karangbata masih dalam wilayah desa karangduwur kecamatan ayah, terletak di selatan pantai mengantai kurang lebih 500 meter dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

di sekitar tanjung karangbata (karangboto) dijumpai tumbuh batuan beku menyerupai tatanan paving blok, yang merupakan bekas aliran lava darat yang mengalami gaya kontraksi dan membentuk retakan tiang pada saat pembekuannya.

retakan-retakan berbentuk polygonal segilima jika dilihat pada permukaannya. pasir putih yang terhampar merupakan sedimen hasil rombakan batu gamping di utaranya yang terbawa aliran sungai dan disebarkan oleh ombak sehingga menambah keindahan tanjung karangbata.

jika pandangan diarahkan ke timur makan akan terlihat gempuran ombak yang kuat pada dinding pantai yang sangat terjal. keterjalan pantai dikontrol oleh patahan turun yang memotong batuan sehingga deretan gunungnya nampak lurus.


LEMBAH SIGATEL
lembah sigatel terletak di antara pantai mengantai dan tanjung karangbata yang menyuguhkan berbagai macam keunikan alam, antara lain : batu pedudulan, batu sibolong, batu longkrang. dari atas bukit anda bisa berjalan-jalan menuju mercusuar yang ada di salah satu bukit di pantai ini.


KETEB BIDADARI
keteb bidadari merupakan pemandangan tebing tinggi dengan kemiringan 90 derajat, sangat cocok bagi wisatawan yang membutuhkan tantangan dalam olah raga panjat tebing (climbing). lokasi ini dapat di tempuh dengan jalan kaki atau kendaraan sekitar 200 meter arah barat pantai mengantai.


TANJUNG NAGASARI
tempat yang sangat mempesona untuk menikmati pemandangan pantai laut selatan dari atas tebing yang tinggi.
sebagai salah satu tujuan utama para wisatawan untuk bersantai bersama keluarga dan sahabat sambil menunggu matahari terbenam. sungguh suatu momen yang sangat sayang untuk di lewatkan.


keterangan ::
- dari yogyakarta kurang lebih 140 km ( 3 jam perjalanan )
- dari purwokerto kurang lebih 60 km ( 1,5 jam perjalanan )
- dari gombong kurang lebih 31 km (1 jam perjalanan )
read more “OBJEK WISATA KEBUMEN”

Selasa, 05 Juli 2011

CERITA INDOMIE GOKIL

1. CERITA INDOMIE KU
Waktu aku lagi kemah, aku kangen banget sama Indomie.
Terus, aku keluar perkemahan.
Sampai di warung terdekat, eh, Indomie nya habis.
Tanya di warung sebelahnya habis juga.
...Terpaksa deh beli Mie Sedaap.
Ternyata, Mie Sedap lebih enak dari Indomie
Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu??

2. ~Cerita Indomieku~
Waktu itu aku dapat beasiswa kuliah ke Belanda. Suatu hari, bebeb saya nelpon. "Yank, kamu kangen gak sama aku? Udah lama gak ketemu " Terus aku jawab "yang paling aku kangenin, ya makan Indomie soto banjar" Bebeb saya marah: "jadi kamu gak kangen sama aku? Kalo begitu kita putus!"
Akhirnya saya ngejomblo di Belanda
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

3. ~Cerita Indomie-ku~
Tadi aku lapar... nyari nasi di dapur, habis... jadi mau beli Indomie ke warung di depan gang... Pas sampai warungnya tutup... Nyari ke warung yang agak jauh dikit, buka... tapi Indomienya habis... karena lapar terpaksa beli Sarimi Soto Koya... mantap... jadi berasa kayak Charlie ST12... ternyata Sarimi lebih enak dari Indomie ♥
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

4. ~Cerita Indomie-ku~
Waktu kecil, papa sering banget ngajakin aku nonton bola tengah malam. Waktu papa nyuruh masak Indomie goreng buat berdua, ternyata Indomienya habis. Pas jalan ke warung, aku ketemu kuntilanak lagi makan Indomie. Lalu aku makan bareng dia... Ternyata dia pintar masak Indomie... Enyak enyak enyak
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

5. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu wktu aku kecil, suka bnget makan Indomie...
Sekarang aku makin suka makan Indomie, jadi sekarang otak aku buntu karena kebanyakan makan bumbu Indomie yang banyak vetsinnya
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

6. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu waktu aku masih duduk di bangku SMP...
Aku selalu bangun subuh untuk belajar...
tapi suatu hari aku lupa pasang alarm
sehingga aku telat bangun belajar dan sekolah,lalu papa
menyiram ku dengan kuah INDOMIE
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

7. ~Cerita Indomie-ku~
Pas rambutku gondrong, aku mau nyukur di tukang potong rambut di bawah pohon.
Karena gak hati-hati, rambutku kecukur semua.
Mama lalu bikinkan aku wig dari Indomie goreng.
Orang bilang, rambutku bagus, kayak Sule...
Sekarang, 3 kali seminggu wig-nya aku ganti, ada yang rasa soto, Indomie goreng, sate bakar...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

8. ~Cerita Indomie-ku~ (Credit to Sujana)
Pas masih 3 tahun, rumahku kebanjiran... Dan papa lebih memilih menyelamatkan sekardus Indomie dari pada menyelamatkan aku...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

9. ~Cerita Indomie-ku~ ([Masih] Credit to Sujana)
Pas dapat beasiswa kuliah di Italia, aku kangen banget sama Indomie... Tapi disana gak ada yang jual... Di salah satu toko, aku akhirnya beli Indomie yang udah direbonding, alias Spaghetti... Ternyata, Spaghetti lebih enak dari Indomie...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

10. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu aku suka Indomie dulu aku memang suka (Ya-ya-ya)
Dulu aku gila Indomie dulu aku memang gila (Ya-ya-ya)

Sebelum vetsin-mu dapat merusakkan otak-ku (o-o, o-o)
Sebelum aku tahu vetsin-mu dapat menghancurkan otak-ku

Sekarang tak-tak-tak-tak
‘Ku tak mau tak mau tak-tak-tak-tak-tak
‘Ku tak mau tak mau tak (‘ku tak mau tak)
Sekarang tak-tak-tak-tak
‘Ku tak sudi tak sudi tak-tak-tak-tak-tak
‘Ku tak sudi tak sudi tak (‘ku tak sudi tak)
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

11. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu, waktu pas bulan Ramadhan. sambil nunggu bedug maghrib, aku biasanya makan sebungkus Indomie...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

12. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu, tiap kali nonton bola, papa selalu bikinkan Indomie kesukaanku...
Sekarang nonton bola terasa berbeda..., sejak negara api menyerang...
Hanya avatar, ketua dari keempat elemen yang dapat menghentikannya...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

13. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu, sejak kecil aku udah biasa disuapin Indomie sama ibuku... kadang juga di makan mentah-mentah... aku dan Indomie bagai pinang di belah 2... sampai suatu ketika aku tewas karena Indomie...
bukan karena keracunan indomie atau kolestrol...
tapi karena
ketabrak truk indomie...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

14. ~Cerita Indomie-ku~
Suatu hari aku ingin makan Indomie...
Kemudian aku segera menuju kompor gas untuk mulai masak...
Ehk ternyata gasnya habis. Aku esmosi banget. Ketika itu sayup-sayup kudengar suara teriakan KEBAKARAN!!!
Lalu aku bergegas mengambil panci & air kemudian berlari ke tempat kejadian
dan aku mulai masak indomie disana.
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

15. ~Cerita Indomie-ku~
Waktu masih kecil, dulu aku sering makan Indomie bareng teman-teman, kadang ngak dimasak kadang dimasak, akhirnya aku KENA USUS BUNTU dan KANKER USUS bahkan 2 dari Teman saya sekarang meninggal, akibat kandungan MSG dan PENGAWET yang tinggi....

~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

16. ~Cerita Indomie-ku~
Waktu aku liburan ke Jepang, aku lapar...
ku kira di situ ada warung mie indomie
eh ternyata itu bukan warung mie,
melainkan warung prostitusi...
Setelah aku datangi
ternyata aku ketemu sama Mie Yabi
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

17. ~Cerita Indomie-ku~
Dulu, aku dan papa sering beli Indomie di warung... ada kari, ayam bawang, soto,... Tapi sekarang terasa berbeda, sejak ayah diejek penjaga warung "Laki kok suka yang rasa-rasa?!!!" Sejak saat itu kami makan Indomie gak pake bumbu...
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

18. ~Cerita Indomie-ku~
Pada suatu hari, aku pengen banget beli Indomie, aku pergi aja ke warung terdekat.
"Bang, ada Indomie?" "Ada" kata abangnya...
"Berapa?" "Seribu, dek"jawab abangnya...
"350 boleh bang....?"
"Jangan di tawar"
~Itu cerita indomie ku. Apa cerita indomie mu?~

menurut agan" yang mana yang paling GOKIL ???
eheheheheheheh
read more “CERITA INDOMIE GOKIL”

Sabtu, 30 April 2011

Ma’ Nene’, Ritual Unik Suku Toraja

Tana Toraja di Sulawesi Selatan sudah lama terkenal dengan alam pegunungannya yang permai serta ritual adatnya yang unik. Yang paling tersohor, tentu saja, pesta Rambu Solo yang digelar menjelang pemakaman tokoh yang dihormati. Tiap tahun pesta yang berlangsung di beberapa tempat di Toraja ini senantiasa mengundang kedatangan ribuan wisatawan.
Selain Rambu Solo, sebenarnya ada satu ritual adat nan langka di Toraja, yakni Ma’ Nene’, yakni ritual membersihkan dan mengganti busana jenazah leluhur. Ritual ini memang hanya dikenal masyarakat Baruppu di pedalaman Toraja Utara — sebuah kabupaten baru. Biasanya, Ma’ Nene’ digelar tiap bulan Agustus.
Saat Ma’ Nene’ berlangsung, peti-peti mati para leluhur, tokoh dan orang tua, dikeluarkan dari makam-makam dan liang batu dan diletakkan di arena upacara. Di sana, sanak keluarga dan para kerabat sudah berkumpul. Secara perlahan, mereka mengeluarkan jenazah (baik yang masih utuh maupun yang tinggal tulang-belulang) dan mengganti busana yang melekat di tubuh jenazah dengan yang baru.
Mereka memperlakukan sang mayat seolah-olah masih hidup dan tetap menjadi bagian keluarga besar.
Ritual Ma’ Nene’ oleh masyarakat Baruppu dianggap sebagai wujud kecintaan mereka pada para leluhur, tokoh dan kerabat yang sudah meninggal dunia. Mereka tetap berharap, arwah leluhur menjaga mereka dari gangguan jahat, hama tanaman, juga kesialan hidup.
Dari mana asal muasal ritual Ma’ Nene’ di Baruppu? Kisah turun-temurun menyebutkan, pada zaman dahulu terdapatlah seorang pemburu binatang bernama Pong Rumasek. Saat sedang berburu di kawasan hutan pegunungan Balla, bukannya menemukan binatang hutan, ia malah menemukan jasad seseorang yang telah lama meninggal dunia. Mayat itu tergeletak di bawah pepohonan, telantar, tinggal tulang-belulang.
Merasa kasihan, Pong Rumasek kemudian merawat mayat itu semampunya. Dibungkusnya tulang-belulang itu dengan baju yang dipakainya, lalu diletakkan di areal yang lapang dan layak. Setelah itu, Pong Rumasek melanjutkan perburuannya.
Tak dinyana, semenjak kejadian itu, setiap kali Pong Rumasek berburu, ia selalu beroleh hasil yang besar. Binatang hutan seakan digiring ke dirinya. Bukan hanya itu, sesampainya di rumah, Pong Rumasek mendapati tanaman padi di sawahnya pun sudah menguning, bernas dan siap panen sebelum waktunya.
Pong Rumasek menganggap, segenap peruntungan itu diperolehnya berkat welas asih yang ditunjukkannya ketika merawat mayat tak bernama yang ditemukannya saat berburu.
Sejak itulah, Pong Rumasek dan masyarakat Baruppu memuliakan mayat para leluhur, tokoh dan kerabat dengan upacara Ma’ Nene’.
Dalam ritual Ma’ Nene’ juga ada aturan tak tertulis yang mengikat warga. Misalnya, jika seorang istri atau suami meninggal dunia, maka pasangan yang ditinggal mati tak boleh kawin lagi sebelum mengadakan Ma’ Nene’ untuknya.
Ketika Ma’ Nene’ digelar, para perantau asal Baruppu yang bertebaran ke seantero negeri akan pulang kampung demi menghormati leluhurnya. Warga Baruppu percaya, jika Ma’ Nene’ tidak digelar maka leluhur juga akan luput menjaga mereka. Musibah akan melanda, penyakit akan menimpa warga, sawah dan kebun tak akan menghasilkan padi yang bernas dan tanaman yang subur.






read more “Ma’ Nene’, Ritual Unik Suku Toraja”

Awas! Sakit Kepala 'Menetap' Picu Kanker Otak

INILAH.COM,Jakarta - Sakit kepala yang menetap, berkepanjangan dan menahun bisa saja menjadi gejala awal dari kanker otak. Jika Anda merasakannya, waspadai gejala tersebut dan segera periksa ke dokter ahlinya.

Kanker otak memang tak 'sebeken' penyakit kanker lain, seperti kanker serviks atau kanker payudara. Namun, seperti kebanyakan penyakit kanker pada umumnya, kanker otak merupakan penyakit bersifat diam (silent killer) yang berbahaya.

Karena sifatnya itu, seringkali penyakit kanker otak baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut. Jika rasa sakit di bagian kepala telah memuncak, ada kemungkinan, kanker itu telah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis). Kalau sudah begitu, penanganan kanker menjadi lebih rumit dan berisiko.

"Oleh karena itu, masyarakat perlu melakukan deteksi sejak dini penyakit kanker otak," saran Fielda Djuita, spesialis radiologiRumah Sakit Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

Seperti kebanyakan penyakit kanker, diagnosis dini dan pengobatan adalah kunci untuk pemulihan.  Pengobatan yang terlambat akan mengkibatkan sel kanker tersebut menyebar dan masuk ke semua jaringan otak dan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Gejala dan faktor risiko
Kanker otak tidak memiliki beberapa gejala. Tanda-tanda kanker otak tergantung pada lokasi bagian yang terkena serangan kanker. Kejang, kehilangan keseimbangan, penglihatan kabur, kesulitan bicara, pusing, kehilangan penglihatan dan pendengaran bisa menjadi tanda-tanda dari gejala kanker otak.

Walaupun tidak semua tanda-tanda itu merupakan ciri khas dan gejala kanker otak, tetapi Anda harus waspada jika sering mengalami salah satu atau beberapa gangguan seperti yang disebutkan di atas.

Sementara itu, Ada beberapa faktor penyebab risiko terkena kanker otak.  Bila dalam riwayat keluarga ada yang pernah terkena penyakit ini, maka Anda memiliki risiko tersebut.

Selain itu, paparan terus-menerus dari bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko kanker. Seorang perokok juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini daripada orang yang tidak merokok. Faktor risiko lainnya adalah ras. Kanker otak lebih sering terjadi pada ras kulit putih.


Pengobatan kanker otak
Dengan melakukan deteksi sejak dini, perkembangan tumor ke arah sel kanker ganas dapat dicegah. Meskipun, pasien kanker stadium lanjut pun masih berpeluang sembuh.

Kini, dengan peralatan medis mutakhir yang dimiliki sejumlah rumahsakit di Tanah Air, Anda tak perlu lagi berobat ke luar negeri, seperti Singapura atau China, dua negara yang selama ini menjadi destinasi favorit para pasien penyakit kanker asal Indonesia.

Fielda Djuita menjelaskan Beberapa rumahsakit di Indonesia sudah punya fasilitas dan infrastruktur canggih untuk penyakit kanker.

Beberapa peralatan, seperti Positron Emission Tomography Computed Tomography (PET-CT) serta peralatan terapi radiasiLinear Accelerator, kini telah dapat dinikmati pasien di rumahsakit nasional. Dua alat ini sangat menunjang penanganan penyakit kanker.

Mesin PET-CT berguna meningkatkan akurasi penilaian dokter dalam menilai kondisi suatu tumor jinak atau ganas. Pada praktiknya, pasien akan diinjeksi dengan cairan gula (glukosa) yang mengandung radiasi dalam tingkatan normal.
Selanjutnya, tubuh pasien dipindai dengan PET-CT tersebut. Hasilnya, situs atau lokasi tumor ganas akan berpijar terang. Sebab, sel tumor ganas memerlukan sumber energi seperti glukosa untuk bermutasi.

Setelah diketahui lokasi dan sifat dari tumor pada tubuh pasien, para ahli medis yang menangani penyakit kanker tersebut akan melakukan diskusi. Tujuannya tak lain untuk mencari strategi yang tepat bagi pasien apakah masih diperlukan tes kembali atau diperlukan tindakan ekstra karena kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Bahkan, lanjut Hendra, setelah melewati proses pengangkatan kanker pun, pasien masih harus melakukan pengecekan lewat mesin PET-CT. Tujuannya untuk mengetahui apakah sel kanker atau keloid telah hilang dari tubuh pasien setelah operasi.

Setelah alat PET-CT, dokter dapat mengambil tindakan menggunakan Linear Accelator. Alat ini berfungsi untuk menyinari bagian tubuh yang menjadi situs kanker. Penyinaran dilakukan selama tiga menit. Selama penyinaran itu, pasien tidak dibius.

Biasanya, kata Fielda, pasien anak-anak penderita kanker bakal mendapatkan sekitar 25 kali penyinaran. Sedangkan penyinaran pasien kanker otak dewasa dilakukan sebanyak lebih dari 30 kali. "Dokter dapat mengombinasi antara operasi dengan penyinaran bila situs kanker adalah organ lunak dan penting seperti otak," ujar dia.

Alat Linear Accelator ini cukup penting bagi pengobatan kanker. Sebab, akurasi penyinaran alat ini cukup tinggi, sehingga bisa meminimalisir kematian sel otak yang masih sehat.
"Ada sistem yang disebut On Board Imaging (OBI). Sistem ini dapat meningkatkan akurasi karena dapat menyinari situs dalam posisi 360 derajat," ujar Fielda.

Ukuran tumor atau kanker yang dapat disinari dengan alat ini, biasanya, di atas 3 centimeter (cm). Bila di bawah 3 cm, proses pengangkatan dapat dilakukan dengan alat yang disebut Gamma Knife. Tujuannya adalah mengangkat kanker sebanyak-banyaknya dan meminimkan risiko kehilangan fungsi otak.
read more “Awas! Sakit Kepala 'Menetap' Picu Kanker Otak”