Kamis, 07 Juli 2011

OBJEK WISATA KEBUMEN

KEBUMEN

objek wisata yang alami, kekayaan budaya hingga pemandangan alam yang indah adalah keindahan tersembunyi kabupaten kebumen. dari pantai dengan pasir putih nya, keramahtamahan penduduk nya, pemandangan stalagtit dan stalagmite yang unik hingga wisata yang menggandung resiko tapi mengasikkan.

kabupaten kebumen adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah propinsi jawa tengah. daerah atau wilayah kabupaten kebumen berada tepat di pesisir selatan samudera indonesia. wilayah kabupaten kebumen di kelilingi sebelah barat kabupaten cilacap, sebelah utara kabupaten banyumas dan sebelah timur kabupaten purworejo.

daerah ini sangat cocok bagi anda yang ingin berekreasi bersama keluarga, berdua bersama pasangan maupun bersama kawan-kawan anda di kantor. daerah yang di kelilingi pegunungan kapur dan berudara sejuk serta pemandangan yang rata-rata masih asli akan banyak menimbulkan decak kagum bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

jangan khawatir akan kehabisan objek wisata tujuan, karena kabupaten yang mempunyai slogan "kebumen beriman" yaitu (bersih , indah, aman dan nyaman) mempunyai banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi. objek wisata tersebut tersebar di beberapa wilayah kecamatan.



PANTAI MENGANTI


jika anda pernah ke pantai kuta yang terkenal indah dengan gadis pantai dan beach boys-nya, pasti ini akan mengingatkan kamu dan akan kagum melihat pantai indonesia yang satu ini, karena selain pantai mengantai memiliki karang terjal dengan bukit yang keperak-perakan, pantai mengantai memiliki pasir putih menawan yang terhampar sepanjang pinggir pantai, ombak yang terlalu keras menjadi salah satu tujuan wisata untuk bersantai bersama keluarga. kebumen pantai mengantai terletak di kebumen yang merupakan salah satu tujuan pariwisata di jawa tengah. kebumen terletak 140 km sebelah barat kota yogyakarta.

pantai mengantai terletak di desa karangduwur kecamatan ayah kabupaten kebumen. sekitar 30 km selatan gombong atau 7 km dari pantai ayah atau 27 km dari pantai pertanahan atau 12 km dari pantai suwuk.

pantai di selatan kabupaten kebumen ini menyajikan panorama unik yang akan memanjakan wisatawan. letaknya di balik perbukitan menjadi daya tarik tersendiri. karena kita akan disuguhi dua panorama seklaigus yaitu keindahan pantai dan perbukitan. pasirnya yang putih menjadi daya tarik tambahan.

masih diwilayah desa karangduwur ini, selain menyuguhkan keindahan pantai mengantai, masih ada objek wisata lain seperti : tanjung nagasari - tanjung karangbata - lembah sigatel - keteb bidadari - gua alam - air terjun alam dan adanya perkampungan nelayan yang dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan menjadikannya lengkap dibandingkan tempat wisata pantai lainnya.


TANJUNG KARANGBATA
tanjung karangbata masih dalam wilayah desa karangduwur kecamatan ayah, terletak di selatan pantai mengantai kurang lebih 500 meter dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

di sekitar tanjung karangbata (karangboto) dijumpai tumbuh batuan beku menyerupai tatanan paving blok, yang merupakan bekas aliran lava darat yang mengalami gaya kontraksi dan membentuk retakan tiang pada saat pembekuannya.

retakan-retakan berbentuk polygonal segilima jika dilihat pada permukaannya. pasir putih yang terhampar merupakan sedimen hasil rombakan batu gamping di utaranya yang terbawa aliran sungai dan disebarkan oleh ombak sehingga menambah keindahan tanjung karangbata.

jika pandangan diarahkan ke timur makan akan terlihat gempuran ombak yang kuat pada dinding pantai yang sangat terjal. keterjalan pantai dikontrol oleh patahan turun yang memotong batuan sehingga deretan gunungnya nampak lurus.


LEMBAH SIGATEL
lembah sigatel terletak di antara pantai mengantai dan tanjung karangbata yang menyuguhkan berbagai macam keunikan alam, antara lain : batu pedudulan, batu sibolong, batu longkrang. dari atas bukit anda bisa berjalan-jalan menuju mercusuar yang ada di salah satu bukit di pantai ini.


KETEB BIDADARI
keteb bidadari merupakan pemandangan tebing tinggi dengan kemiringan 90 derajat, sangat cocok bagi wisatawan yang membutuhkan tantangan dalam olah raga panjat tebing (climbing). lokasi ini dapat di tempuh dengan jalan kaki atau kendaraan sekitar 200 meter arah barat pantai mengantai.


TANJUNG NAGASARI
tempat yang sangat mempesona untuk menikmati pemandangan pantai laut selatan dari atas tebing yang tinggi.
sebagai salah satu tujuan utama para wisatawan untuk bersantai bersama keluarga dan sahabat sambil menunggu matahari terbenam. sungguh suatu momen yang sangat sayang untuk di lewatkan.


keterangan ::
- dari yogyakarta kurang lebih 140 km ( 3 jam perjalanan )
- dari purwokerto kurang lebih 60 km ( 1,5 jam perjalanan )
- dari gombong kurang lebih 31 km (1 jam perjalanan )

7 komentar:

Gaphe mengatakan...

kayaknya ini jadi satu tujuan wajib kunjung saya nh, semoga ada kesempatan buat kesana.. baguus.. pengen ke pantai menganti.. secara blom pernah kesana, dan saya suka pantai

Eel Pecidasase mengatakan...

wow.. keren euy... kalo ada modal kepengen kesana juga.. pas banget buat ambil gambar2 alam... :)

Rachmad a.k.a Gorengan mengatakan...

woww..pery biutupull kaawan...
!!!!1

blackdevil mengatakan...

mas @gaphe,,.
dtg jha mas, pkk na ngk nyesal lha klu uda dtg k sna..
walaupun agak ssh bt nyampek k sna na.
bnyk rintangan yg menghadang !!!
eheheheheh

@eel,.
bnr sis,.
maen" k sna !!!
pemandangan alam na bnr" perfect !!!
:D

@racmad,.
bnr bgt gan..
sgt beautiful !!!
:D

mila mengatakan...

keren nih... ga jauh pula heheee...

blackdevil mengatakan...

mbak @mila,.
ia mbak, wajib dtg k sna !!!
pa gee mbak blg, "ga jauh" !!!!
emg na mbak dmn rmh na??

Tanjung Lesung mengatakan...

WOOW, bagus-bagus tempatnya.. kalau kesana, pasti langsung exploreee...

Posting Komentar