Kamis, 23 Desember 2010

Pasangan Hidup

Nikmat Allah manakah yang kamu dustakan berkait karunia-Nya berupa pasangan hidup ? ‘Aisyah memang cantik, cerdas, lincah, dan menghadirkan keceriaan di tengah-tengah tugas Rosulullah saw. Tetapi siapkah kita beristrikan ‘Aisyah yang pencemburu berat, bersekongkol dengan Hafshof sehingga Rosulullah mengharamkan madu untuk dirinya, dan membanting piring jamuan di depan para tamu? Sekuat Rosulullah kah kita ini?

Khadijah memang begitu menentramkan dalam kondisi banyaknya perlakuan menyakitkan kepada Rosulullah di awal-awal risalah. Tetapi bukankah Rosulullah begitu qana’ah dari sisi usiamengingat perbandingan 25:40 dan 40:55 ?

Begitulah, kalau kita selalu sensitif terhadap aib, yang ada hanya kekecewaan, penyesalan, dan kegelisahan. Betapa tuntutan kita jauh melambung tinggi. Criteria yang kita ajukan begitu sempurna sampai dia-nya tak ada di alam nyata. Mencari suami atau isteri adalah mengaca diri, layakkah kita yang penuh aib dan cela ini mendamba ia yang sempurna ?

Maaf kalau ini menyinggung perasaan. Tetapi lebih baik tersinggung sekarang daripada nanti. Ya, bukankah kita sendiri juga banyak aib? Kita akan ‘memperkosa’ seorang manusia sempurna untuk menerima kekurangan kita sementara kita sendiri selalu menuntut kesempurnaannya.

Subhanallah..
Pastinya lebih indah, jika hidup dengan qana’ah. Bukankah suami adalah pakaian bagi isteri, dan isteri adalah pakaian bagi suami? Pakaian yang menjaga, menutup kekurangan, dan melindungi… Qana’ah, simpanan yang tak pernah lenyap !

-Disadur dari salah satu bagian dari buku “Baarakallaahu Laka, Bahagianya Merayakan Cinta”-

Saudaraku..
Ana ingin menekankam satu hal dari potongan di atas,

Pastinya lebih indah, jika hidup dengan qana’ah. Bukankah suami adalah pakaian bagi isteri, dan isteri adalah pakaian bagi suami? Pakaian yang menjaga, menutup kekurangan, dan melindungi… Qana’ah, simpanan yang tak pernah lenyap !

Karena Allah pun telah berfirman,
“…Isteri-isteri kalian adalah pakaian bagi kalian, dan kalian adalah pakaian dari mereka…”(QS Al Baqarah:187)

Saudaraku,
ana teringat nasehat dari ust Anis Matta, “Carilah pasangan hidup yang Tepat, Bukan yang sempurna.”

Semoga dalam setiap jari ini mengetik, berbuah kata, kalimat, serta artikel sederhana, tidak hanya menambah wawasan tetapi juga ketaqwaan kita pada-Nya.

Alhaqqu mirrobbika falaa takumminal mumtariin (kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, maka janganlah kamu termasuk orang2 yang ragu)

Selamat bermujahadah wahai saudaraku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar