Jumat, 15 April 2011

Gatal Kena Ulat Bulu, Ini Tips dari Menkes

VIVAnews - Ulat bulu telah mewabah di Indonesia. Binatang itu telah menyerang belasan ribu pohon di Jawa Timur, Bali, NTB, Jakarta dan terakhir di Yogyakarta.
Sudah banyak yang jadi korban. Jangankan menyentuh badannya, bulu-bulu halus yang rontok dari tubuh ulat bulu itu bisa membuat kulit gatal, bengkak, dan menghitam.
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih memberikan cara agar warga tak menderita gara-gara ulat bulu. "Jika terkena, cepat dihilangkan bulunya dengan dicuci, kemudian kalau gatalnya tidak hilang bisa berobat ke puskesmas tidak perlu bayar," kata dia di rumah duka Rosihan Anwar, Kamis 14 April 2011.
Menurutnya, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan mengenai bahaya besar dari wabah ulat bulu tersebut, "Hanya gatal ringan mudah-mudahan tidak ada gangguan lebih dari itu," tambah dia.
Meski menyebar di banyak wilayah, menurut Menkes, wabah ulat bulu belum bisa dikatakan bencana nasional. Pasalnya, pemerintah kota setempat masih bisa menanggulangi penyebaran ulat bulu.
"Belum, karena kalau dibilang bencana nasional masalahnya pertanian, kalau di kesehatannya belum terlalu mengganggu walaupun gatal-gatal lumayan nggak enak juga ya tapi sementara ini masih bisa diatasi," ujar Bu Menkes.
Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian, Bayu Krisnamurthi mengatakan ulat telah menyerang 2,5 persen dari populasi pohon di Indonesia. "14.500 pohon dari 1,8 Juta pohon sudah diterkena ulat bulu," kata dia usai mengisi kuliah umum di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Kamis 14 April.
Bayu mengakui, meski merebaknya ulat bulu adalah siklus yang sudah terjadi, apa yang terjadi baru-baru ini memang luar biasa. Ini disebabkan dampak perubahan iklim di tahun 2010.

ulat bulu

6 komentar:

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

wah, ada kabar katanya wabahnya udah sampe ke makassar nih...
*udah gatel2 duluan*heee

blackdevil mengatakan...

@kaoskakiungu,.
bhe, uda sampe makasar wabah nhe??
ngeri bgt yha,.
kok bs kyk gt yha(?)
(^^")

uda d benerin loem blog na,.
saya ngk bs ngasih comment bbrp hr yg lalu,.
T-T

affie9 mengatakan...

@serem ngeliat ulat bulunya... apa negara kita lagi di azab ya??

blackdevil mengatakan...

@affie9,.
astagfirullah,.
jgn blg kyk gt fie.
mgkn cmn d ksh cobaan jha..
:)

affie9 mengatakan...

ya bang, mudah2han ga.. tapi kita bisa liat sendiri ulah para manusia di negara kita ini..

blackdevil mengatakan...

@affie9,.
smg jha jgn sampe fiee.
sbnr na bkn d negara kita jha fiee,.
negara laen jg bnyk yg kyk kita.'
berdoa jha fiee, smg negara kita tdk terkenak musibah.

Poskan Komentar